Menghapus Spasi pada Excel: Cara yang Mudah dan Cepat


Mungkin  kita sering melihat data di spreadsheet Excel dengan spasi yang tidak perlu. Kesenjangan yang tidak perlu ini dapat membuat data berantakan dan tidak  konsisten. Untungnya, Excel menyediakan beberapa cara untuk menghapus spasi, baik  spasi ganda,  awal, atau  akhir dalam teks. Berikut  adalah beberapa cara cepat dan mudah  untuk menghapus spasi di Excel.

1. Menggunakan fungsi Trim  

Salah satu cara menghilangkan spasi di Excel adalah dengan menggunakan fungsi Trim. Fungsi ini digunakan untuk menghilangkan spasi ganda dan spasi di awal dan akhir  kalimat. Dengan menggunakan fungsi Trim, teks di spreadsheet Excel terlihat lebih jelas dan konsisten. Untuk menggunakan fungsi Potong, masukkan rumus berikut di sel tempat Anda ingin menghapus spasi: =TRIM(Teks). Di mana Teks adalah teks di mana Anda ingin menghapus spasi.

2. Menggunakan Temukan dan Ganti 

Fungsi Temukan dan Ganti Excel juga dapat digunakan untuk menghilangkan spasi di sel atau rentang sel tertentu. Berikut cara menggunakan fitur ini:  

  • Pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda hapus spasinya. 
  • Tekan Ctrl + H pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog Temukan dan Ganti. 
  • Ketik spasi di kotak Pencarian dan biarkan kotak Ganti dengan kosong.
  • Klik Ganti Semua untuk menghapus semua spasi di sel atau rentang sel yang dipilih.

3. Gunakan Rumus SUBSTITUTE 
Rumus SUBSTITUTE juga bisa digunakan untuk menghilangkan spasi di Excel. Formula ini digunakan untuk mengganti beberapa teks  dengan teks lainnya. Untuk menghilangkan spasi, kita bisa menggunakan rumus =SUBSTITUTE(teks, " ", "") di mana teks adalah teks yang ingin Anda hapus spasinya. Dengan menggunakan rumus ini, Excel akan mengganti semua spasi dalam teks dengan teks kosong.
 
Ada beberapa cara  untuk menghilangkan spasi pada lembar kerja Excel. Dengan menggunakan salah satu cara di atas, spasi putih di Excel dapat dihilangkan dengan mudah dan cepat. Dengan menghilangkan spasi pada data Excel, kita dapat membuat data menjadi lebih bersih dan konsisten, dan tentu saja, lebih mudah untuk diproses atau dianalisis.

Tidak ada komentar